Minggu, 22 Maret 2020

Sejarah Perkembangan Mouse Computer




Pada awal masa perkembangan computer di dunia, para pengguna computer (User) pada masa tersebut berinteraksi dengan computer menggunakan Keyboard.Hal ini dikarenakan pada masa awal perkembangan computer, CLI (Command Line interface) merupakan satu-satunya cara bagi user untuk berinteraksi dengan computer. Ketika memasuki Generasi Computer ke-3 (1964-1971), GUI (Grapich User Interface) mulai berkembang dan menjadi sebuah revolusi bagi user untuk berinteraksi dengan computer. Dan di masa ini lah Mouse Computer pertama kali di patenkan.

Mouse computer atau yang biasa kita sebut dengan mouse, merupakan salah satu alat inputan pada computer (Hardware) yang digunakan oleh pengguna computer untuk berinteraksi dengan computer tersebut. Mouse di ambil dari kata “Mouse” atau “Mice” dalam bahasa Inggris yang sama-sama berartikan tikus rumahan. Nama ini diambil karena adanya kemiripan antara mouse computer dengan bentuk tikus rumahan. Awalnya mouse hanya digunakan untuk memudahkan user untuk berinteraksi dengan operating system/software computer. Namun, sekarang penggunaan mouse berkembang sedemikian rupa. Dari pembuatan design digital hingga bermain games.



Perkembangan Mouse



Mouse pertama yang dibuat adalah The Engelbart Mouse yang merupakan ciptaan Douglas Engelbart pada tahun 1964. Mouse ini memiliki sebuah tombol interaksi dan bentuk yang cukup besar jika dibandingkan dengan mouse konvensional yang kita gunakan saat ini. Inputan yang dapat di terima mouse ini hanya dari koordinat tegak lurus yaitu X dan Y, ini dikarenakan The Engelbart Mouse menggunakan roda penggerak, sehingga pergerakannya terbatas hanya dua arah. Keterbatasan
ini yang mendorong hardware developer untuk mengembangkan konsep mouse yang sudah ada. Hingga akhirnya seorang pengembang berhasil menciptakan Ball Mouse pada tahun 1972 dengan menggantikan roda penggerak yang ada pada konsep mouse sebelumnya dengan bola kecil sehingga dapat bergerak ke segala arah. Selain itu tombol interaksi bertambah menjadi 3 buah, sehingga batasan penggunaan mouse ini lebih luas di bandingkan mouse sebelumnya. Konsep bola ini lah yang nantinya digunakan secara umum untuk periode waktu tertentu.


Pada tahun 1973 Xerox PARC (Plato Alto Research Center) manciptakan computer konvensional pertama (Xerox Alto) yang menggunakan GUI sebagai cara untuk user berinteraksi dengan OS. Di sini lah penggunaan Ball Mouse pertama kali disebarluaskan.



Steven Kirsch menciptakan model Mouse computer menggunakan optics pada tahun 1981. Model ini menggunakan pancaran sinar menggantikan bola kecil pada model sebelumnya. Hal ini mengurangi adanya kotoran yang masuk ke bagian dalam mouse sehingga masa hidup model ini jauh lebih lama.
Untuk menggunakan mouse ini, user perlu memiliki mouse pad khusus yang bersifat reflektif sehingga mouse dapat menerima rangsangan yang di berikan oleh user. Penggunaan mouse pad ini merupakan salah satu kekurangan pada model ini. Dibalik efesiennya penggunaan mouse pad ini, harga mouse pad reflektif ini pun cukup mahal.

Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1999 Microsoft mematenkan penggantian penggunaan mouse konvensional yang tadinya menggunakan Ball Mouse atau Wheels dengan meluncurkan Opic LED Mouse. Mouse ini berbeda dengan mouse pada tahun 1981, dimana pada mouse sebelumnya di butuhkan penggunaan mouse pad sedangan pada model ini tidak diperlukan (optional). Mouse dengan model seperti ini lah yang digunakan secra masal hingga saat ini.



Jenis-jenis Mouse Uncoventional (tidak umum)


Selain mouse-mouse yang sudah di paparkan diatas ada beberapa yang memiliki keunikan tertentu sehingga tidak dimasukkan dalam kategori mouse konvensional. Berikut adalah beberapa contohnya :

A)     Ergomic Mice/Ergomic Mouse

Sesuai namanya, mouse ini memili bentuk yang tidak lazim yaitu vertical. Hal ini dikarenakan pemciptaan mouse ini untuk menghindari cedera akibat penggunaan mouse konvensional. Layaknya mouse konvensional, mouse ada yang menggunakan optic dan ball untuk menjadi receiver input. Yang menjadi pembeda dengan mouse konvensional hanyalah bentuk dari mouse ini sehingga, button layout-nya pun sama dengan mouse kovensional.

B)      3D Mouse

3D Mouse memiliki bentuk yang paing absurd dibandingkan dengan mouse-mouse unconventional lainnya. Mouse ini menggunakan teknologi ultrasound untuk
menangkap rangsangan dari sebuah bola besar yang dibuat untuk menggantikan mouse bentuk konvensional.






C)      Gyroscopic Mouse

Biasa disebut dengan air mouse (mouse udara) mouse jenis ini menggunakan accelerometer sebagai penerima rangsangan untuk menggerakan pointer.




Sekian adalah sejarah singkat perkembangan Mouse di dunia. Semoga bermanfaat.





Daftar Pustaka



https://www.sutori.com/story/history-of-computer-mouse--2yUFPn6vNQBstaaz2x4FTdsy

https://en.wikipedia.org/wiki/Computer_mouse

https://btob.co.nz/business-news/five-generations-computers/

https://en.wikipedia.org/wiki/PARC_(company)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar